Wednesday, April 6, 2011

Ada Komitmen dalam Cinta dan atau Cinta dalam Komitmen (?)

Komitmen dalam suatu relasi (hubungan) antara pria dan wanita adalah sebuah tingkatan yang cukup dalam. Karena adanya keputusan untuk melakukan komitmen itu, bersama.  Ada tiga atau empat poin penting dalam suatu komitmen, yang bertujuan untuk membuat relasi itu tetap terjaga, yaitu:
  • Kesetiaan
  • Kepercayaan
  • Kejujuran, dan
  • Komunikasi
    Aku pikir poin-poin di atas cukup penting dalam suatu relasi, karena cinta tanpa perbuatan(pun) percuma. Harus diwujudnyatakan oleh adanya sikap atau tindakan tegas (jika memang sudah sepakat untuk melakukannya). Bukan bermaksud mengikat pasangan dengan komitmen, namun disini kita "saling" belajar untuk menjadi dewasa dalam hal berelasi (antara pria dan wanita).

    Add caption
    Kesetiaan
    Adanya sebuah keputusan seseorang untuk setia terhadap pasangan dan memiliki harapan untuk serius dalam hubungan tersebut.

    Kepercayaan
    Adanya sikap saling percaya (kompromi) terhadap satu sama lain, sehingga tiap pasangan dapat saling mengembangkan diri (cth: melakukan hobi yang disukai dsb), tanpa perlu di bayang-bayangi rasa takut dicurigai, serta memberi ruang dan waktu satu sama lain untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

    Kejujuran
    Sebuah kepercayaan tanpa adanya kejujuran, menurutku it doesn't mean a thing, karena keduanya saling berkaitan. Ketika pasangan kita memberikan kepercayaan penuh terhadap kita, namun kita tidak benar-benar menjaganya dengan baik (dengan cara berkata jujur), maka itu akan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran untuk mengerti tujuan untuk jujur demi sebuah komitmen.

    Komunikasi
    Ini merupakan alat untuk memperjelas maksud dari apa yang ingin kita utarakan terhadap pasangan. Komunikasi yang baik, setidaknya dilakukan setiap hari, untuk menghindari yang namanya miskomunikasi. Sehingga dapat meminimalisir perdebatan.
    *recommended:
    Usahakan untuk selalu berkata yang sebenarnya (ada kesepakatan dari awal untuk melakukan hal ini), sehingga tidak timbul kecurigaan dari pasangan kita.


    Komitmen dalam cinta atau cinta dalam komitmen?
    Adanya komitmen dapat menambah rasa cinta, karena timbulnya rasa ingin mempertahankan relasi yang sudah terjalin.
    Dengan adanya cinta, maka ada hasrat untuk memutuskan berkomitmen terhadap pasangan kita.

    Cinta butuh komitmen.
    Tapi komitmen tanpa cinta, percuma..

    2 comments:

    1. Dari minggu lalu, aku sudah pengen menulis mengenai cinta dan komitmen (pacaran dan pernikahan), tapi lagi males....hehehe

      Nb: Tulisanmu bagus... :)

      ReplyDelete
    2. hahaha..
      bnr mau nulis tentang 2 hal itu?
      ayo van..
      aku juga mau baca tulisanmu lagi.. :)

      *by the way, mksh buat pujiannya. :)

      ReplyDelete